Netflix | The Good Place

Setelah menyelesaikan episode terakhir Suits dan Master of None, kemarin saya nonton series baru berjudul: The Good Place. Ada yang nonton?

Image result for the good place

The Good Place mengisahkan afterlife, kehidupan setelah orang meninggalkan dunia. The Good Place adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki rekor banyak berbuat baik selama hidupnya. Tempatnya cakep, indah, penuh taman, dan lain-lain, sempurna menyerupai deskripsi surga – heaven – paradise – yang deskripsinya bisa kita dengar di mana-mana.

Di hari orientasi pertama di The Good Place, Michael (Ted Denson) – pimpinan The Good Place – menceritakan kepada para penghuni baru tempat ini bahwa sudah ada algoritma yang bisa mengakumulasikan semua tindakan manusia selama hidup, sebelum menentukan mereka akan menuju ke mana: The Good Place atau The Bad Place.

Salah satu penghuni hari itu adalah Elenaor Shellstrop, yang dibintangi Kristen Bell. Setelah orientasi selesai, Michael mengajak Elenaor mengunjungi rumahnya. Karena hanya orang pilihan yang bisa diterima di The Good Place, rumah yang ditinggali setiap penghuni juga dirancang sedemikian rupa sesuai dengan karakter penghuninya semasa hidup, termasuk rumah Elenaor. Karena memori setiap orang setelah meninggal dihapus setelah mereka tiba di tempat ini, Michael pun memutar ulang dokumentasi perbuatan baik selama Elanaor hidup: ia adalah seorang pengacara, volunteer untuk banyak kegiatan kemanusiaan, dan pecinta badut.

Screen Shot 2018-06-17 at 12.18.57 PM.png

Sayangnya oh sayangnya… Setelah Michael pergi, Elenaor sadar bahwa ia “nyasar”. Apa yang ditunjukkan Michael bukan seputar kehidupan dia. Nyatanya, ia adalah seorang sales yang menjual obat-obatan (palsu), dan bersikap sangat egosi semasa hidupnya. Tapi kalau Elenaor memberitahu hal ini kepada Michael, ia akan terancam dipindahkan ke The Bad Place yang pastinya sangat tidak menyenangkan. Akhirnya, Elenaor pun memilih menyimpan rahasia itu, dan mengambil tindakan agar ia ‘layak’ diterima di The Good Place.

Bersama “soulmate”-nya, seorang genius Chidi Anagonye (William Jackson Harper), Elenaor belajar untuk menjadi orang yang lebih baik. Tiap hari ia mengambil kelas dengan bimbingan Chidi. Ketika semakin banyak bertemu dengan penghuni lain, Elenaor pun menemukan bahwa kehidupan di tempat paling sempurna ternyata tidak sesempurna itu.

Selain alur cerita yang unik dan seru (scene dengan latar yang warna-warni, es krim, makanan),  cerita ini jadi pengingat bahwa nggak ada yang sempurna. Orang sesempurna apapun – entah itu di dekat kamu, di sosial media kamu, di berita yang kamu baca, punya ketidaksempurnaan yang tidak pernah kamu liat.

Jadi, tidak usah sedih kalau hidup kamu tidak sempurna dan tidak berjalan seindah orang lain. Memang begitulah hidup. Karena kalau mau jujur dan menerima, ada hal baik juga ‘kan yang terjadi ketika kita merasa terpuruk? :).

Selamat Minggu!

The Good Place.png

Author: vinnydubidu

A girl who falls in love to inspiring stories, especially women's. A girl who believes that everyone has the same right to live and be respected. Just so you know, Carrie Bradshaw is her long time muse.

One thought on “Netflix | The Good Place”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s