Liburan Tanpa Oleh-Oleh

liburan tanpa oleh-oleh

Makasih oleh-olehnya! 

Demikian kata-kata yang sering terucap pasca menerima oleh-oleh dari teman, keluarga, atau pacar yang baru selesai berlibur. Ya kan?

Cuma nih ya, cuman, belakangan entah kenapa saya jadi agak segan menerima oleh-oleh. Entah karena tren hidup ala Marie Kondo yang mulai merajarela yang sedikit banyak membuat saya mulai menghindari menambahkan barang baru ke kamar belajar serta merapikan baju dan menanggalkan yang kurang perlu, atau mungkin usia bertambah yang membuat saya merasa makin perlu bersikap bijak terhadap uang khususnya saat jalan-jalan termasuk beli oleh-oleh (yang ngasih kan juga perlu keluar uang ya?). Atau mungkin, ini yang kayaknya jadi asal muasalnya, adalah karena saya sendiri juga selalu bingung kalau mau ngasih oleh-oleh ke orang terdekat. Jadi, saya selalu merasa orang yang ngasih saya oleh-oleh pun sebenarnya bingung waktu belanja oleh-oleh, dan alhasil beli apa aja dalam rangka ‘mengoleh-olehkan sesuatu kepada saya’. Blibet yak. Tapi paham, kan? Haha.

Jadi ya begitu. Bulan ini, karena ada keluarga yang sedang liburan, saya ‘memberanikan’ diri untuk berpesan pada mereka : “Kak, nggak usah beli oleh-oleh yah. Kirimin saya foto aja yang buanyak pas lagi jalan-jalan.” Kenapa ‘memberanikan’ saya kasih tanda petik? Sebab, saya khawatir loh ngomong gitu bisa bikin mereka tersinggung. Jangan-jangan disangkanya saya nih kenapa gitu, tiba-tiba menolak oleh-oleh sebelum dikasih. Soalnya kalau yang ini, saya yakin pasti akan diberikan oleh-oleh.

Padahal, maksud saya mah saya juga senang loh ngeliat foto-foto orang liburan pas mereka lagi liburan. Entah kenapa ngeliat foto orang berlibur bikin saya merasa lagi liburan juga (saking suka put myself on other’s feet haha). Saya rasa, dapet foto itu jauh lebih menyenangkan, daripada hari saya menerima oleh-oleh. Belum lagi, kadang nggak semua oleh-oleh itu terpakai ya oleh kita. Kan sayang jadinya.

Saking saya mulai segan nerima oleh-oleh, saya sempat ‘request’ oleh-oleh sebelum dibeliin. Kalau ini, dengan orang yang saya yakin akan membelikan oleh-oleh loh yah (bukan golongan yang suka minta oleh-oleh kepada semua orang yang jalan-jalan). Saya bilang aja, kalau mau beliin saya oleh-oleh, saya minta tote bag yang ada tulisan nama kota itu ya (kebetulan kota favorit saya). Yang di pinggir jalan, murah meriah, nggak papa. Saya mau dapat yang terbang langsung dari negeri sana. Alhasil dibeliin, dan saya pake kemana-mana saking senengnya. (Ya itu, foto di atas haha). Nggak lama, saya ‘request’ juga jaket dengan tulisan serupa. Saya pake juga ke mana-mana.

Pernah juga, temen saya yang tau saya demen banget sama kota itu juga beliin saya plush van yang khas dari sana, yang sempat satu masa saya jadikan profile picture dimana-mana. :D.

Tapi saya tau kok ada memang orang-orang yang memang tulus banget ngasih oleh-oleh. Mungkin dalam rangka berbagi kebahagiaan jalan-jalan kali ya. Apalagi ke orang terdekat mereka. Jadi, pas jalan-jalan, selalu ada waktu khusus mencari oleh-oleh yang dipilih sesuai dengan subjek penerima oleh-oleh. Dari mereka-mereka inilah, saya dapat banyak barang berharga yang saya pake-pake sampai sekarang juga. Mulai dari baju, tas, jam, buku, jaket, parfum, gantungan kunci, sampai pembatas buku. Untuk mereka-mereka ini, saya terima kasih banget udah dikasih oleh-oleh.

Cuman ya itu tadi, saya tetap segan dan ingin rasanya membudidayakan gerakan ganti-oleh-oleh-dengan-foto-saja-atau-apa-karena-saya-juga-seneng-banget-nerimanya. 

Ada yang gitu juga nggak sih? Apa saya doang nih yang aneh? Haha.

4 thoughts on “Liburan Tanpa Oleh-Oleh

Add yours

  1. Aku ga pernah minta oleh-oleh, kecuali kadang nitip buku kalo ada yang dari Indonesia. Lebih suka ngajak ketemuan aja abis jalan-jalan, ngobrol dengerin ceritanya langsung lebih seru :)

    Like

    1. Iya kalau minta oleh2 secaea agresif tu gimana rasanya. Dimintain oleh2 juga bikin beban, walaupun kadang yang minta asal nyeplos aja, haha. Betul, enakan denger cerita selama liburan. 😉

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: