Bacaan Tahun 2020

Gimana rasanya 20-an hari pertama tahun 2020? Ada yang seru? Biasa aja? Atau ya gitu gitu aje?

Saya mau cerita aja, bahwasanya saya senang sekali, karena dalam 3 minggu ini, saya udah baca 3 buku! Sungguh pencapaian yang tidak saya sangka sekaligus saya banggakan, bahkan untuk saya sendiri, karena bisa baca buku secepat dan sebanyak ini.

Sejauh ini, ketiga buku ini seru sekali untuk dibaca karena ringan, lucu, tapi berisi, makanya bikin betah dibaca. Saya bagiin yak.

Mindy Kaling – Is Everyone Hanging Out With Me? (2011)

Image result for mindy kaling is everyone

Gegara nonton The Office, dan The Mindy Project, saya jadi tambah demen sama Mindy Kaling (lalu follow dia di Instagram, Twitter, sampai mampir websitenya). Di kedua serial yang saya tonton, karakter yang dimainkan Mindy selalu ‘antik’, makanya jadi pengen nontonin terus. Setelah ngikutin postingan-postingannya dan ceritanya, saya makin suka, karena Mindy ini nggak cuma kocak, tapi juga pinter, penulis, dan seru aja cerita hidupnya. :D.

Perannya di serial pun selalu aneh. Di The Office misalnya, Kelly Kapoor (karakternya Mindy) dikisahkan naksiiiir banget sama Ryan (B.J. Novak), padahal Ryan-nya mah biasa-biasa aja. Tapi ya dipepet mulu sama Kelly dengan segala kecuekan dan ke-mboh-annya, bahkan sama orang-orang kantornya. Si Ryan pun cuma bisa pasrah tiap kali dimepet-mepetin sama Kelly. Semacam cinta sebelah tangan tapi maksa. Lol.

Nah di serial The Mindy Project, Mindy Lahiri (karakternya Mindy) adalah dokter OB/GYN yang pinter, sukses, tapi hidupnya paling galau gara-gara urusan lelaki. Begitu jadian ya seru, begitu putus ya merana banget sampe baring-baring di lantai. Rada-rada bodoh tapi ya lucu. :D.

Eh balik lagi ke bukunya.

Di buku pertamanya Mindy ini, Mindy bercerita tentang kehidupan masa kecilnya (anak imgran asal India yang lahir dan tumbuh di Amerika, dengan segala ketidakpede-annya dan kebodohannya dalam pergaulan di tengah orang kulit putih), masa remajanya, kesukaan dia pada comedy show dari kecil yang bikin dia pengen jadi penulis lalu merantau untuk ke New York untuk nyari kerjaan di stasiun TV, sampai akhirnya bisa nulis untuk serial The Office selama bertahun-tahun (2005-2013), sampe ditawarin bikin TV Series yang tokoh utamanya adalah dia sendiri! Bikin saya makin nge-fans sama Mindy!

Baca buku ini persis ngedengerin Mindy ngedumel di series. Seru, vulgar, berantakan, tapi lucu. Ringan aja gitu, dan cewek banget!

James Corden – May I Have Your Attention, Please? (2011)

Image result for james corden book

Setelah Mindy selesai, saya baca buku-nya James. Buku ini cukup tebal. 350an halaman, lebih tebal 100 halaman dari bukunya Mindy. Pantesan rasanya nggak abis-abis. Haha.

Pas baca sampai pertengahan buku, saya sempat hampir putus asa bacanya. Soalnya diceritakan, James yang memang udah bercita-cita jadi artis dari kecil ini, hobinya ngeluhhh mulu tiap dapat kerjaan. Padahal kerjaannya ya udah nyerempet-nyerempet ke dunia pertunjukan. Harusnya ya bersyukur aja, kan semua *kudu pelan-pelan*. Ini, ngeluh mulu, kurang ini itu. Jadinya saya emosi. Haha.

Abis itu, saya nanya temen saya yang udah pernah baca bukunya. Apa dia sempat mau putus asa juga kayak saya? Katanya, enggak. Soalnya dia emang fansnya James. Dia bilang juga, “nggak sampe abis kok si Jamesnya ngeluh mulu”.

Karena pernyataan itu, saya pun lanjutin baca.

Eh, untungnya saya lanjutin. Setengah ke akhir buku itu, James udah nggak ngeluh-ngeluh lagi. Mungkin karena perjuangan dia untuk menjadi artis semakin jelas, dan sesuai yang dia inginkan juga. Jadi, ceritanya lebih pada detik-detik misalnya dia akan casting untuk produksi yang besar, atau keseruan ketika akhirnya dia terlibat di salah satu musikal yang kemudian dibuat menjadi film, sampai dia roadshow ke banyak negara. Plus, dia pun nulis cerita yang akhirnya dijadikan TV series dan memenangkan penghargaan (iya, hampir mirip dengan Mindy Kaling!).

Intinya, novel ini berakhir seru. Saya pun senang bacanya, dan semangat menyelesaikannya sampe abis. Endingnya seru dan personal. Saya suka!

Mindy Kaling – Why Not Me? (2015)

Image result for why not me

Dari James, saya balik lagi ke Mindy. Ini buku Mindy yang lebih baru. Di buku ini, sudah ada cerita Mindy tentang The Mindy Project, yang kebetulan saya tonton dengan semangatnya tahun lalu. Mindy bercerita gimana awalnya ide ceritanya ini tidak diproses kelanjutannya oleh NBC, lalu dibeli FOX, kemudian dilanjutkan oleh Hulu. Tentang gimana juga si Mindy sesemangat itu untuk syuting The Mindy Project walaupun harus ada di studio 7 hari seminggu dari pagi sampe malem, karena banyak adegan dengan pria-pria tampan, baik adegan pacaran, maupun adegan intimate lainnya yang bikin dia semangat untuk pergi kerja. Lol.

Sama seperti buku pertamanya, Mindy juga cerita soal sahabat-sahabatnya. Ada yang sahabat dari masa kecil (yang udah diceritain di buku pertama) yang jadi sahabat akrab sampai sekarang, ada juga yang sempat sahabatan yang sampai bikin baper karena ngelihat foto mereka berdua diposting di Facebook dalam album “BFF” walo akhirnya nggak temenan lagi, lalu cerita ada juga bab tentang mentor yang mengubah hidupnya dari masa The Office sampe The Mindy Project!

Yang seru juga dari bukunya adalah, Mindy sangat jujur dan blak-blakan soal gimana perasaannya ketika publik/media massa selalu menganggap Mindy adalah ikon untuk perempuan yang bisa menerima dirinya apa adanya (we’re talking about physical appearance). Padahal kenyataannya, Mindy ya seperti perempuan kebanyakan (kita-kita juga), yang kadang insecure dengan berat badan yang bertambah, warna kulit yang gelap, dan pengen diet sediet-dietnya. Banyak usaha yang dilakukan, beberapa tips ia bagikan, tapi pada akhirnya, how she deals with everything, in the Hollywood circle, yang jadi bikin ceritanya berkesan.

Terakhir, hubungannya dengan B.J. Novak yang bukan lagi di level ‘complicated’ melainkan ‘snake soup’.

Singkat cerita: Mindy kenalan dengan Novak di periode The Office tahun 2005, karena keduanya ada di tim penulis yang ketemu tiap hari selama hampir 7 tahun. Mindy bilang Novak ini lebih dari teman akrab, lebih kepada soulmate. Tahun 2017, Mindy hamil. Tidak ada berita jelas tentang siapa suaminya, sebab yang tahu hanya Mindy dan pasangannya. Banyak yang mempertanyakan apakah Novak adalah ayah dari anaknya, tapi Mindy nggak pernah mengklarifikasi. Yang dunia tahu, dan Mindy ceritakan pada bukunya juga, Novak adalah ayah baptis anaknya, dan mereka berteman akrab sampai saat ini! Begitulah hubungan snake-soup.

Maap tetiba kayak halaman gosip.

Oke, singkat cerita. Buku ini lebih mengisahkan kehidupan dewasa Mindy Kaling, dari soal pekerjaan, dating life, persahabatan di usia dewasa, tak lupa dengan kebodohan-kebodohannya sehari-hari. Makanya, semakin relatable. Bisa bikin cekikikan deh bacanya. Kalau kalian sempat mampir ke social medianya, mungkin kebayang gimana tutur kata Mindy kalau di buku. :D

Kindle

Sebenarnya, kecepatan saya baca kali ini kayaknya gara-gara saya baca di Kindle. Entahlah apa karena semangat saya masih membara gara-gara baru punya Kindle atau apa, saya jadinya lebih sering baca. Khususnya sambil makan atau sambil nunggu. Kalau sambil makan, enak banget baca di Kindle. Nggak usah takut kertasnya basah, nggak boros tempat karena bisa disanderin dimana aja. Tentu saja lebih gampang juga bawa Kindle ini kemana-mana karena nggak berat (cocok untuk yang nggak suka bawa tas gede).

Tapi intinya, terlepas dari baca di manapun, saya senang deh tahun ini dibuka dengan banyak membaca. Plus, baca buku biografi yang ringan gini ternyata seru. Apalagi kalau narasinya lucu, dan tokohnya kita ikuti ceritanya.

Sambilan, saya lagi baca Dear Girls-nya Ali Wong, yang kocak juga. Sedang menunggu, Bossypants-nya Tina Fey nyampe, Ellen DeGeneres, Betty White, dan beberapa buku lainnya.

Bener-bener lagi semangat banget nih. Mudah-mudahan terus membara untuk banyak baca!

Sebab, mendingan banyak baca daripada banyak ngaca.

Ada referensi buku biografi yang seru lagi? Mau dong, minta. :))))

5 thoughts on “Bacaan Tahun 2020

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: