[Series] Prime Video | Upload

Series ini dikenalin Jule. Kebetulan saya pas baru subscribe Prime Video, jadi gampang nontonnya, nggak perlu download-download. (Anyway, Amazon ini bisa ditonton tanpa VPN).

Kalau di dunia kita, upload atau unggah ini adalah kata kerja Kalau di series ini, upload ini bisa jadi kata kerja, bisa juga kata benda.

Maap dulu nih perlu ngejelasin ini. Soalnya pas nonton di awal-awal, otak saya suka tiba-tiba nanya, jadi “upload” tu apaan sih. Haha. Biar itu nggak kejadian sama kalian, jadi mungkin informasi ini berguna.

Upload mengisahkan kehidupan setelah kematian (afterlife), di tahun 2033. Di tahun tersebut, diceritakan, manusia bisa memilih untuk mengupload dirinya ke provider penyedia afterlife. Ibarat sekarang, kita bisa milih, mau mengupload diri kita ke Google, iCloud, Dropbox, atau sejenisnya. Tujuannya apa? Supaya manusia yang meninggal bisa tetap berinteraksi dengan manusia hidup, dengan bantuan teknologi.

Dari berbagai perusahaan yang berlomba-lomba menjual layanannya, Lake View adalah provider yang paling lagi booming. Mereka punya AI paling canggih, interface paling oke, plus CS paling responsif. Ya, kayak jualan-jualan aplikasi jaman sekarang. Intinya, butuh modal gede untuk bisa menggunakan layanan premium Lake View.

Alkisah, tokoh utama pria, Nathan Brown, meninggal karena kecelakaan. (Tenang, ini nggak spoiler. Karena adegan ini udah terjadi di awal-awal series). Karena ceweknya Nathan, Ingrid, cinta sekali dengan Nathan, plus tajir, Nathan pun diupload ke Lake View.

Sebagai ‘upload’ di Lake View, setiap penghuni mendapatkan CS atau yang disebut “Angel”. Semacam “dedicated angel”. Angel-nya Nathan adalah Nora. Kebayang ya kira-kira plot lanjutannya gimana antara Nathan dan Nora.

Kelanjutan serial pun mengisahkan cerita antara Nathan, Nora, Ingrid, dan bumbu-bumbu cerita kehidupan mereka.

Saya suka dengan serial ini karena emang suka cerita berkonsep afterlife. Kayak film After Life-nya di Ricky Gervais itu, saya juga suka. Plus, saya pun suka film dengan tema sci-fi, seperti Black Mirror, yang ngasih imajinasi soal kehidupan ketika teknologi betul-betul menjembatani semuah kebutuhan manusia. DAN, Upload ini adalah gabungan keduanya.

Untuk kamu yang nggak suka Black Mirror karena terlalu dark, Upload ini adalah kebalikannya. Ceritanya lebih indah, drama, dan terang. Literally terang, nggak gelap suram kayak Black Mirror. Jadi, nontonnya bisa enak dan santai.

Alasan lain yang bikin saya pertama kali nonton, serial ini ditulis oleh Greg Daniels, yang namanya sering terucap oleh Mindy Kaling di bukunya, plus yang juga bikin serial The Office dan Parks and Recreation. Mungkin kalo Indonesia punya Raam Punjabi, rajanya sinetron, Amerika punya Greg Daniels, rajanya TV series. Makanya, kemunculannya di karya ini cukup di-highlight. Apalagi, ini adalah karya Greg setelah 10 tahun vakum bikin-bikin series.

Lucu ya Greg-nya pake jaket The Office :’).
https://www.cbr.com/upload-greg-daniels-robbie-amell-andy-allo-interview/

Alasan yang bikin saya suka, pemeran Nora cakep kali, Andy Allo. Hitam manis, kece. Plus, di scene bisa ngeliat bentukan mobil autodrive, CS yang pake VR untuk komunikasi sama warga upload, bisa ganti wallpaper langit di Lake View sesuai mood, jadi sesuatu yang mind blowing banget pokoknya. Haha.

Source: Amazon

Dan, nonton ini bikin saya mikir, keren banget ya kalau teknologi Upload ini betul-betul ada. Misi utamanya kan menghubungkan yang hidup dan yang meninggal. Jadi, kalau nggak mau kehilangan orang yang kita sayang, manusia tinggal nabung yang banyak, supaya bisa beli paket dan bisa meng-upload orang tersebut. Kalau uangnya nggak cukup, bisa ke Lake View juga sih. Tapi cuma dapat paket 2 GB per bulan, yang akan berkurang ketika dipake untuk mikir, emosi, atau nelpon orang di rumah. Kalo paketnya abis, penghuni 2Gigs akan nge-freeze sampe bulan berikutnya. Persis hubungan kita dengan kuota.

Eh, creepy nggak sih tapi mikirin begini? Haha.

Namanya juga film ya. Sukses bikin ngayal.

4 thoughts on “[Series] Prime Video | Upload

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s