[Series] Fleabag dan Love

Entah kenapa ya, “cinta” itu bukan topik yang bisa saya bahas dengan gampang. Cinta, naksir, patah hati, selingkuh, ghosting, dan kawan-kawannya deh. Rasanya nggak enak gitu diomongin. Berasanya kok drama dan risih ya kalau ngomongin itu, apalagi kalau itu adalah cerita diri sendiri. Kalau ngomongin sex memunculkan keseganan di level 8, ngomongin cinta tu di level 6.

Salah sih. Saya tau! Haha.

Tapi, untungnya, karena belakangan topik ini jadi sesuatu yang sering dibahas dengan Mba Noni (Podcast Single & Married), perasaan segannya agak berkurang.

Nah, gara-gara ada kecenderungan itu juga, saya jadi suka nonton film/series yang cerita cintanya nggak menye-menye, tapi lebih lebih ke pait, satir, dan nyebelin. Rasanya cerita begituan lebih real daripada cerita yang terlalu indah dan bahagia terus sepanjang film.

Salah dua serial yang saya suka belakangan, yang ceritanya cinta-cintaan adalah ini!

“Fleabag” dan “Love”

Itu dua judul berbeda ya. Fleabag ada di Amazon Prime, Love ada di Netflix.

Fleabag mengisahkan seorang perempuan berusia 33 tahun, dengan latar belakang cerita di London. Di usianya yang udah double 3, Fleabag ini hidupnya cukup berantakan. Abis putus cinta, kerjaannya juga mengawang-ngawang karena partner kerja sekaligus temen baiknya meninggal gara-gara kecelekaan, dan hubungannya sama ayah dan ibu tiri, plus kakaknya pun kurang baik.

Fleabag diperankan oleh Phoebe Waller-Bridge yang sekaligus jadi penulis dan produser untuk film ini. Menurut saya sih, kisah cinta di series ini nggak ada indah-indahnya. Tapi karena nggak indah itu, jadinya kok lebih mengena. Makanya saya jadi ngefans juga sama si Phoebe.

Highlight lain di serial ini, scenanya banyak ngomongnya aja. Dan ngomongnya dengan logat British juga ya. Karena itu juga, nggak semua temen saya betah nontonnya karena bisa jadi ngebosenin. Cuman yang jelas, untuk kamu yang udah nonton, saya yakin kamu pasti TERGUNJANG sekali dengan ending serial ini. Kalau kamu mau tau endingnya, nonton sendiri aja karena saya nggak suka ngasih spoiler! Hihi.

Berikutnya, serial Love di Netflix. Anyway, judul film ini agak pasaran emang. Dari film lama, sampe film Asia, judul ini ada. Tapi kalau kamu searchnya Love Series Netflix, kemungkinan besar akan ketemu segala artikel tentang serial yang ini.

Judul ini, saya dapet karena saya denger Podcastnya Nicole Byer “Why Won’t You Date Me?” (boleh masuk ke list Podcast kamu juga yang ini, karena kocak dan witty bener obrolannya soal cerita wanita lajang). Nicole cerita dia lagi nonton serial Love, karena suka dengan Fleabag.

Love bercerita tentang Mickey Dobbs dan Gus Cruikshank. Usia Mickey dan Gus, awal 30 juga (saya lupa berapa, sekitar 32 kalo nggak salah). Keduanya sama-sama abis putus cinta. Mickey putus karena pacaranya ngobat, tapi anak mami pula. Gus putus karena pacarnya merasa Gus terlalu baik, sampe-sampe pacarnya bohong kalau dia selingkuh, supaya Gus marah dan putusin dia.

Pas momen gelap ini, keduanya ketemu di minimarket. Dari sini agak cliche ya kelanjutannya, mereka kenalan, lalu jalan-jalan keliling LA, jadi temenan, dan berlanjut deh.

As Apatow’s (creator) involvement suggests, the show aims to subvert the conventions of the traditional rom-com with juvenile humor, drug use and messy characters.  

Saya suka sama Love karena hubungan Mickey dan Gus juga absurd banget. Mickey karakternya keras kepala, dan blak-blakan; Gus karakternya kalem, dan pemalu. Nah, bayangin sendiri dah tu gimana keduanya mengatasi sikap masing-masing. Ada reviewnya yang bagus juga di sini.

Kalau nggak mau bayangin, nonton aja sendiri serialnya!

Sayangnya keduanya juga belum ada season baru. Fleabag selesai di Season 2. Love selesai di Season 3. Semoga segera keluar season barunya.

Ada yang udah pernah nonton kedua serial ini? Atau punya rekomendasi film/series sejenis yang cintanya nggak manis-manis amat?

One thought on “[Series] Fleabag dan Love

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s