All Vinny  

Jaman Sekarang

Jaman dulu kita dengerin radio tuh kayak berangan-angan pengen bgt bisa dengerin lagu sesuka kita. Sekarang setelah semua serba on demand, bisa dengerin lagu apapun kapanpun, bikin playlist, malah jadi kek males dan bingung mau dengerin apa.

Secuplik refleksi hari Sabtu teman saya yang bikin saya ‘ho oh’, membacanya. Kalimat lanjutan teman saya atas pemikirannya dengan preferensi menikmati lagu favorit adalah kembali dengerin radio supaya bisa pasrah dengan apapun yang disetel dari radio, plus nggak bisa skip lagu seenak jidat.

Saya setuju 100% dengan pemikirannya. Jaman sekarang, dimana ketika semua dimudahkan, khususnya oleh teknologi, banyak yang seperti ingin ‘disusahkan’ aja. Atau sesederhana kembali ke masa dimana teknologi tidak meraja rela. Dan, ketika manusia sedikit lebih repot karenanya.

Berita Covid-19 yang nggak kelar-kelar membuat saya kembali memilih hiatus dari medsos. Bukan salah medsos. Tapi salah pengendalian diri saya yang agak kurang. Jadi, daripada saya senewen, saya melakukan hal-hal yang diajarkan di konsep digital minimalism. Serupa dengan konsep Marie Kondo dengan decluterring barang-barang tidak berguna, saya pun melakukan proses pilah-pilih aplikasi, termasuk konten medsos, yang boleh hinggap di penglihatan saya. Intinya, less is more. Tu kan, salah satu contoh dimana pilihan untuk lepas dari teknologi (yang harusnya menjadi sebuah kenikmatan manusia masa kini), menjadi jalan yang malah dicari. Hasilnya, lumayan. Senewen saya berkurang…. 40%.

Contoh lain adalah penggunaan smartwatch. Sudah 2 tahun terakhir saya menggunakan smartwach. Tadinya saya mau pakai biar keliatan keren. Belakangan karena rajin olahraga di rumah, jam ini ternyata berguna untuk menghitung jumlah kalori terbakar. Sampai, belakangan saya baru sadar, jam ini rajin juga mengingatkan penggunanya untuk: bernapas, berdiri, berjalan.

Wew.

Bener-bener ya, (manusia) jaman sekarang…

4 thoughts on “Jaman Sekarang

  1. Andy William

    gua juga lagi menimbang2 beli jam apel sih nih. pengen pake ‘apple fitness’ soalnya by review seems good karena mereka kasih beberapa alternatif gerakan, kalo2 gerakan aslinya belom bisa dilakukan..

    1. Vinny

      Apple fitness ini salah satu menu di apple watch? Tapi susah nggak sih ngeliat gerakan dari jam tangan sekecil itu? Apa begimana cara kerjanya? Monmaap kak, katrok hahaha.

      1. Andy William

        iya, feature healthnya apple. jadi integrated dari jam tangan, nanti instruksi dll bisa diliat via ipad/iphone/mac… benernya sih banyak yg lain2, ini semacam mencari pembenaran mau beli jam aja… hahahahhaa

        1. Vinny

          Ini semacam mencari pembenaran mau beli jam aja… hahahahhaa > inilah inti masalah umat manusia hahahahaha.

          Gapapa, biar tambah sehat. Makin semangat jadi sehat. (sama aja motivasinya wkwkw)

Leave a Reply

%d bloggers like this: