Indonesia Vinny  

Makanan Enak Banjar

Bulan November depan, saya resmi merayakan 3 tahun tinggal di kota ini!

Saya inget awal-awal pindah ke sini, saya tidak merasa banyak yang bisa saya nikmati. Nggak ada temen, nggak ada tempat nongkrong, nggak ada kegiatan lain selain kerja dan kumpul keluarga.

Tapi, ternyata salah ding! Setelah menghabiskan 365 hari x 3, banyak juga hal-hal menarik yang ada di kota ini. Salah satunya adalah makanan!

Berikut ini adalah beberapa list makanan andalan yang saya cintai karena begitu dimakan, bikin saya happy. Kalau saya lagi penat, rasanya saya perlu nyari salah satu dari makanan ini sebab mencicipi rasa mereka di mulut saya, bikin saya semangat. Bahkan, dalam perjalanan ke tempat makan ini, saya sudah semangat dan jadi happy!

Comfort food is a food that provides consolation or a feeling of well-being, typically any with a high sugar or other carbohydrate content and associated with childhood or home cooking.

Bakso Pal 1, Veteran

Bakso ini ada 2 cabang. Satu di Pal 1, satu di Veteran. Kesukaan saya yang di Veteran soalnya lebih deket dari rumah, dan tempatnya lebih nyaman. Menu andalan saya adalah : Kuetiau dan bakso polos.

Tampilan baksonya seperti ini. Tampilan kuetiaunya nggak ada fotonya haha. Kuetiaunya ini bener-bener polos, nggak ada lauk dan sayurnya, bener-bener cuman kuetiau yang diseduh, lalu dikasih bumbu sekenanya (bawang putih, garam, bawang goreng) yang menurut saya enak banget!

Lokasi: Jl. Veteran Sungai Bilu No.17A, Sungai Bilu

Diambil dari https://wahabm35.wordpress.com/2015/01/23/depot-bakso-sapi-pal-1/

Soto Ayam Cak Har, Gatot Subroto

Yang saya tau, ada 2 soto ayam Surabaya ternama di Banjarmasin. Satu, Soto Ayam Cak Pul. Yang satunya, Soto Ayam Cak Har yang ini. Tapi kesukaan saya yang Cak Har.

Tentu saja menu andalan di tempat makan ini adalah soto ayam. Makanan ini membawa memori saya kuliah di Surabaya. Soalnya memang jenis soto ayam serupa yang dulu sering saya makan di Surabaya, lengkap dengan koya dan telur rebus yang diiris tipis itu.

Soto ayam Cak Har ini selalu rame. Pagi, siang, malam. Walaupun tempatnya luas, karena rame, ya tetap penuh.

Yang bikin saya senang makan di sini adalah selain sotonya, banyak cemilan kue-kue basah.

Lokasi : Jalan Gatot Subroto Kuripan No. 86, Banjarmasin Timur 

Foto dari https://travelingyuk.com/kuliner/soto-ayam-suroboyo-cak-hari/34746

Kawai Kofie, Sungai Miai

Di Jakarta, kalau mau nongkrong di coffee shop yang sepi, enak, dan harga terjangkau, gampang banget. Banyak pilihannya.

Di Banjarmasin, tidak demikian adanya.

Makanya, waktu diajakin ke sini sama temen saya, Maria, saya langsung seneng, dan abis itu suka banget ke sini.

Lokasinya agak jauh dari rumah, tapi dekat area kampus. Jadi cukup banyak anak nongkrongnya kalau kamu dateng di malam hari, atau Sabtu malam, atau Minggu pagi. Tempatnya juga luas, dan ada outdoor juga. Jadi sangat mengakomodir kebutuhan social distancing.

Minumannya enak, dan makanannya enak. Makanan favorit saya adalah menu yang di bawah ini. Aglio Olio Pasta.

Dari sononya saya emang suka Aglio Olio karena nggak creamy, dan cenderung light rasanya. Tapi, nggak gampang nemu cafe yang jual dengan modelan begini, di Banjarmasin. Seringnya, tetap pake cream, atau saos tomat, atau kurang aja gitu raasnya. Begitu nemu ini, langsung deh saya hore!

Lokasi : Sungai Miai, Banjarmasin Utara

Foto dari Instagram https://www.instagram.com/kawaikofie/?hl=id

Keripik Singkong gerobakan di mana aja

Menurut Maria yang adalah warga asli kota ini, keripik singkong Banjarmasin rupanya jadi juara di kelasnya. Pertama kali makan yang di gerobakan, saya langsung suka. Kali kedua, suka banget. Ada masanya, ini jadi makanan pelipur lara saya tiap hari Sabtu. Tapi karena antisipasi Covid dan batuk, saya mengurangi frekuensi makan ini.

Keripik singkong gerobakan ini nggak mudah-mudah amat ditemuin di sini. Dari pengamatan saya beberapa bulan ini, jalan A.Yani jadi lokasi yang paling banyak menjual keripik singkong. Kalau kamu melintasi daerah ini, ada aja gerobaknya tiap berapa ratus meter. Memasuki daerah timur dan utara, kayaknya keberadaan gerobak keripik singkong agak berkurang.

Jadi, untuk kamu pecinta keripik singkong, kalau kamu mengarah ke bandara, atau mengarah ke kota dari bandara, siap-siap untuk berhenti beli keripik singkong, karena kamu akan melintasi jalan A.Yani yang jadi pusat keripik. Haha.

.

Siapa tahu nanti kalau kalian mampir ke Banjarmasin, tulisan ini bisa jadi referensi untuk mencari makanan enak!

7 thoughts on “Makanan Enak Banjar

  1. Encep (@akhirepisodepop)

    Sedap sekali, ada soto khas banjarmasin gak Vin?

    1. Vinny

      Ada, Ncep! Namanya Soto Banjar, agak putih kayak pakai susu gitu. Itu juga enak, tapi ga masuk top 5-ku! Haha.

  2. Ira

    wah asyiiikkk ada soto Cak Har di Banjar!! Kalau aku ke Surabaya, pasti selalu mampir ke soto Cak Har ini Vinny

    1. Vinny

      Enak ya sotonyaa, Ira! Aku suka banget!

      1. Ira

        iyaaa Vinny…apalagi karena mereka ada si koya-nya itu…jadi makin enakk

  3. Andy William

    Ga mau bikin sub-blog, Vinny dan Kwetiaunya… takdimana selalu kwetiau yaaa… salam dari songfa bakkutteh CP

    1. Vinny

      Salam kembali dari Duta Kuetiau Kalsel! >.<

Leave a Reply

%d bloggers like this: