The Shrink Next Door
Indonesia Vinny  

[Series] The Shrink Next Door

Paul Rudd ditetapkan sebagai People 2021’s Sexiest Man Alive! Hore! Walaupun saya masih bingung, ngapain ya orang kepikiran bikin title semacam ini, bertahun-tahun pula. Marketing? Sepertinya!

Waktu liat berita titel pria seksi ini, saya nggak sengaja ketemu skit Paul Rudd dan Stephen Colbert di sini. Ceritanya, mewakili People, Stephen mengaudisi Paul untuk jadi pria terseksi di muka bumi. Karena ceritanya untuk lucu-lucuan (plus nyindir-nyindiran), skit ini lucu banget. Apalagi poin-poin penilaian untuk jadi seksi yang dibawakan di sini, sungguh ngga ada sambung-sambungnya dengan urusan menjadi seksi. Coba kamu nonton! 🙂

Mungkin banyak yang mengenal Paul Rudd dari Ant-Man. Namun, sebagai pembenci semut, saya nggak nonton film ini. Cuman, ternyata saya ngikutin beberapa serial TV dimana Paul menjadi salah satu castnya. Di antaranya Parks and Recreations, dan Living with Yourself. Akting Paul di Parks and Recreations terbilang normal. Tapi, di Living with Yourself, perannya mulai aneh.

Sesuai judulnya, Paul memerankan Miles dengan 2 karakter berbeda.. Salah satu karakter, hidup di dunia saat ini. Karakter satunya, adalah reborn dari versi Miles dalam versi lebih baik. Miles versi baik tercipta karena Miles di dunia nyata mengalami banyak ketidakpuasan dengan hidupnya. Tentunya 2 karakter, berbeda melahirkan berbagai konflik. Apalagi udah punya istri. Kadang istrinya ketemu Miles asli. Kadang istrinya ketemu Miles reborn. Dari sana, saya mulai suka Paul Rudd.

Beberapa minggu lalu, di tengah-tengah nonton Morning Wars, saya ketemu The Shrink Next Door. Di sini, Paul berperan sebagai seorang psikiater bernama Dr. Isaac “Ike” Herschkopf, yang sedang menghandle seorang pria berusia 40-an bernama Marty Markowitz (diperankan oleh Will Ferrell).

Marty ini anak bungsu, keturunan Yahudi, dari keluarga kaya. Setelah Bapaknya meninggal, Marty diwariskan pabrik kain, yang diurus bersama kakaknya, Phyllis (diperankan oleh Kathryn Hahn). Di saat yang sama, Marty juga terus dikejar-kejar mantan pacarnya yang tidak terima dengan putusnya hubungan mereka (uhm). Berdiri di tengah urusan warisan pabrik dan kegilaan mantan membuat Marty merasa sangat tertekan.

Suatu hari, saat salah satu pelanggan komplen berat dengan kain pesanannya. Saking paniknya, Marty yang pura-pura bilang mau ke kantor, ternyata lari ke balik pintu, kesulitan ber napas, tiba-tiba kepucatan, gemeteran, hampir pingsan. Episode panic attack Marty terjadi untuk pertama kalinya tergambar di sini. Setelah menangani Bapak pelanggan yang marah-marah, Phyllis kemudian menghampiri Marty. Dari sana, Phyllis menyarankan Marty untuk bertemu dengan Dr. Ike.

Itulah hari pertama perkenalan Marty dan Dr. Ike.

Setelah beberapa pertemuan, Marty makin cocok dengan Dr. Ike. Ia merasa konsultasi dengan Dr. Ike banyak membantu dan mengubah hidupnya, khususnya dalam urusan menghandle kepanikannya. Hubungan dokter-pasien berlanjut menjadi kawan baik. Tanpa Marty sadari, Dr. Ike jadi punya motivasi lain dengan posisinya menjadi psikiater dari Marty (yang polos dan baik).

Di scene pembuka episode pertama, kita udah bisa melihat kilasan kehidupan Marty saat ini (alur film maju-mundur). Jadi, kalau jeli, kami bisa melihat gambaran akan seperti apa ending hubungan Marty dan Dr. Ike. Tapi, ini nggak akan jadi spoiler kok.

Dan satu yang berkesan, menonton serial ini membuat saya makin takjub dengan bagaimana kehebatan manusia mengendalikan mental dan jiwanya, termasuk mental dan jiwa orang lain.

I really love this series!

Khususnya karena merasa banyak sisi yang menyinggung berbagai kegilaan manusia yang bisa muncul karena ketidakpuasan dengan hidupnya.

Funfact : Serial ini diadaptasi dari podcast dari judul sama (2019), yang menceritakan kehidupan nyata seorang psikiater yang memanfaatkan hubungan baik dengan pasiennya untuk kepentingan pribadi.

https://en.wikipedia.org/wiki/The_Shrink_Next_Door

Silakan cek di Apple TV+, The Shrink Next Door! Episode barunya tayang tiap hari Kamis, dan sekarang masih di episode 6.

‘The Shrink Next Door’ Podcast Illuminates How A Psychiatrist Took Over His Patients’ Lives

2 thoughts on “[Series] The Shrink Next Door

  1. Ditaa

    Aku taunya Paul Rudd dari Clueless haha.. generasi 90an banget. I love The Shrink Next Door too!

    1. Vinny

      Ok, aku belum pernah nonton Clueless. Akan aku masukkan ke list tontonan berikutnya! Haha.

Leave a Reply

%d bloggers like this: