Indonesia

Akhir Maret 2021

Halo! Apa kabar? Tiba-tiba kangen ingin menyapa temen-temen yang masih rajin ngeliatin tab ‘reader’ di website WordPress, atau ngecekin blog dari HPnya. Semoga sehat selalu. Gimana nih, berasa nggak tiba-tiba udah Maret 2021? Atau malah, lama banget perjalanan jelang Maret 2021? Kalau saya sih, cepet banget. Besok udah masuk bulan keempat tahun ini, atau seperempat […]

Indonesia

Belanja Bikin Hepi?

Siapa yang masih rajin belanja? Ada yang bilang, situasi sekarang sebaiknya kita sikapi dengan berhemat. Resesi, pemutusan hubungan kerja, pemotongan gaji, masih mengancam sejak pandemi. Tapi, pemerintah juga katanya mau memulihkan ekonomi. Jadi, rakyat didorong untuk… berbelanja. Semoga pemahaman untuk bagian pemerintah ini betul ya. Sekarang, belanja itu banyak bentuknya. Nggak harus baju, atau makanan. […]

Indonesia

Oversharing

Tahun 2021 dibuka dengan wah. Ibarat buku, halaman pertama bukan lagi putih, tapi butek. Dan, segemas apapun dengan coretan di kertas, kita nggak bisa maju ke halaman berikutnya, kalau ngga ada raksasa yang balikin halaman itu. Setelah serangkaian peristiwa yang mencorat-coret halaman pertama 2021 (yang memang sudah penuh coretan bawaan dari buku sebelumnya), kemarin kita […]

Indonesia

Rekap 2020

Jleb! 2020 kelar begitu aja. Memes pun bermunculan di internet. Mulai dari gambar 3 bulan berurut ke bawah dimulai dari Januari, hitam, lalu langsung Desember. Atau meme dengan ekspresi wajah perempuan/laki-laki yang tampak frustasi di bulan setelah Maret sampai seterusnya, hingga bulan Desember. Intinya, tahun ini suram, ‘gelap’, susah dibawa ketawa. Tahun 2020. Tentunya tahun […]

Indonesia

Jerawatan

Disclaimer: Cerita yang panjang banget karena rangkuman perjalanan hidup 20an tahun bersama… Jerawat. Kata yang sempat bikin parno untuk saya. Puncak-puncaknya, peralihan SMP ke SMA. Waktu SD, saya sekolah siang. Jadi, pagi sampai menjelang siang, saya habiskan di rumah menonton televisi, makan, nonton. Setelah itu, bersekolah hingga sore. Waktu SD, saya malas mandi. Pulang sekolah, […]

Indonesia

Hari Ini

Hari ini dimulai sedikit lebih awal. Pagi-pagi, terbangun di Jakarta, dan langsung beberes. Sedikit berhati-hati karena takut membangunkan kawan yang masih tidur, karena baru jam 6.30. Baju kotor disisihkan, perintilan mandi dikeringkan, barang-barang ditata kedalam koper. Supaya pas, dan muat. 1,5 jam sesudahnya, seluruh penghuni apartemen bangun. Indah, Jule, disusul Pitoy. Bersama Indah, saya berbincang […]

Indonesia

Gol Masa Depan

Saya tau pertanyaan apa lagi yang susah dijawab. “Siapa kamu?” dan “Apa cita-citamu?”. Ngomongin cita-cita waktu kecil jauh lebih mudah daripada dewasa. Paling enggak, setelah usia 23 tahun, waktu udah lulus kuliah dan dihadapkan pada kenyataan bahwa cita-cita yang tadinya ingin dirintis lewat jurusan kuliah, ternyata nggak bisa diwujudkan semudah itu. Cita-cita pun berubah-ubah, seperti […]

Indonesia

Katanya

Katanya, kalau jodoh, gampang aja jalannya. Kalaupun ada kerikil, kudu tetep gampang aja dilewatinnya. Katanya, jangan digenggam kuat-kuat. Soalnya, seperti pasir, semakin digenggam kuat-kuat, semakin banyak juga yang jatuh. Pegangan santai-santai halus aja, nggak usah pakai emosi, apalagi urat nadi. Katanya, kalau suka ya suka aja. Nggak usah kebanyakan usaha ini itu, strategi ini itu, […]

Indonesia

Sekolahan

Dari TK sampai SD, saya bersekolah di sekolah yang sama. Namanya, Gembala Baik. Lokasi gedung TK dan SD di kala itu cuman sebelahan. Pelajaran favorit saya jaman TK adalah menggosok gigi. Soalnya, belajarnya di luar kelas. Pelajaran favorit jaman SD, kayaknya Bahasa Inggris dan Seni Musik. Sekolah saya terkenal dengan pelajaran musiknya. Banyak alat musik […]