All Indonesia

Sejak Saat Itu Langit Senja…

Setahun lalu, sahabat saya mengenalkan saya dengan Monita Tahalea. Persis setelah album Dandelion diluncurkan, saya mulai mengikuti karyanya. Dari Youtube, Spotify, lalu berlanjut ke Instagramnya. Ada masanya di kala musik Monita menjadi pengencer otak saya kala mumet di kantor sedang menjadi-jadi. Atau, menjadi musik pengantar tidur yang cukup ampuh. Beberapa bulan lalu, Monita menggelar konser di […]

All Indonesia

Perpanjang SIM (Beda KTP)

Dulu, urusan dokumen-dokumen beginian, nggak pernah jadi bagian saya. Bikin KTP, dibikinin Bapak. Pertama kali bikin SIM C, pakai calo. Pertama kali bikin SIM A, sama Bapak juga. Karena selalu diurusin Bapak, jadi saya nggak tahu apa-apa. Tahunya cuman diajak ke mol, ngantri di SIM keliling, Bapak ngomong sama polisi di dalam mobil, terus saya disuruh masuk […]

All Indonesia

Virtual Insanity

Iya, ini lagunya Jamiroquai yang lahir tahun 1996. Dari judulnya, bisa kita terka bahwa mungkin  lagunya berhubungan dengan ‘keabnormalan’ hidup masa kini karena sesuatu yang berbau virtual, atau, teknologi. Tahun 1996 di jaman saya, yang jadi hiburan cuma televisi dengan tontonan film India atau film Vampire jam 9 pagi di RCTI. Sinetron juga ada, yang […]

All Indonesia

Sensasi Beli-Beli Online

Saya jarang sih belanja online. Sejauh yang bisa diingat, barang-barang yang pernah saya beli via internet hanya : baju, sepatu, tas, sprei, mouse, headset, dompet, dan buku. Nah, belakangan saya ketemu dengan penjual buku online dengan harga yang cukup jauh di bawah harga pasaran. Berhubung sempat ketemu dengan pemilik toko bukunya, saya pun mendapatkan informasi […]

All Indonesia

Kompilasi 30 Hari

Teman, si William, lagi rajin banget ngepost. Seminggu sekali, mau bosen, mau bete, mau seneng, pasti ngepost. Nah, saya mau ikutan.  Sebut saja, ini tulisan kompilasi. Gabungan cerita hidup dari.. 1 bulan terakhir. Si William yang namanya disebut di atas itu, adalah teman yang didekatkan selama sebulan terakhir ini, karena sedikit kesamaan suasana hati. Doi lagi […]

All Indonesia

Pagi Ini (Jilid 2)

Jilid satunya di sini Untuk mengusir rasa ngantuk pas naik ojek, saya suka ngobrol dengan si abang ojek. Yang paling sering saya tanyakan sih seputar kerjaan, berapa lama jadi ojek, atau berapa order yang diterima per hari. Cerita mereka unik-unik, lumayan bikin saya yang suka ketiduran di atas motor ini, melek. Pernah satu kali, ada […]

All Indonesia

Deg-Degan Nggak Sih?

Bulan 12 tinggal 7 hari lagi. Iya. Cepet banget!  Memasuki minggu terakhir jelang pergantian tahun, saya mulai mengingat-ngingat apa yang sudah dikerjakan selama 12 bulan, seperti yang biasa dilakukan orang-orang. Sebelumnya, topik yang sama juga sudah pernah dibahas dengan teman-teman. “Kayaknya gue nggak ngapa-ngapain aja setahun ini. Parah”. Ternyata, topik ini juga menyelinap ke pikiran, […]

All Indonesia

Gudang Gudang Idaman

Jadilah padi. Semakin berunduk, semakin berisi. Mungkin ini yang jadi filosofi pemilik Gudang Gudang Yoga, salah satu dari sekian banyak tempat Yoga di daerah Kemang. Tempat sekece ini diberi nama GUDANG. Yang disebut gudang di sini adalah… Bangunan dengan sekitar 4 ruangan besar. Bagian terdepan adalah gudang galeri dengan banyak koleksi foto-foto artistik. Gudang di sini juga berarti pojokan cozy […]

All Indonesia

Pagi Ini

Beberapa penemuan yang bikin senyum pagi ini. Oase di Palmerah Ada rumah minimalis di daerah Palmerah. Lebarnya  cuman 2-3 m dari depan. Di tingkat dua, ada tempat persembahan khas warga Bali. Setelah dicari di Google, namanya adalah Sanggah yang berarti tempat suci. Di tengah Palmerah yang macetnya seperti itu, ngelihat begituan ternyata bisa bikin adem. Kantong mata Seorang ibu berusia […]

All Indonesia

Seandainya KRL Ada di Mana-Mana

Minggu, 6 Des 2015 Setelah nyetir atau ngojek semingguan penuh, bepergian dengan angkutan umum yang nyaman itu bener2 menyegarkan. Hari Sabtu lalu, setelah menimbang ini itu, akhirnya gue putuskan naik KRL ke Bogor. Kesannya gimana? SENANG, pake huruf kapital. Perjalanan dimulai dari Stasiun Jakarta Kota. Nyampe stasiun sekitar jam 7.30. Yang bikin seneng, stasiun lagi […]